Presiden Turki resmikan masjid baru di pusat Istanbul yang populer

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Jumat meresmikan sebuah masjid baru di Taksim Square yang populer di Istanbul.

“Masjid kami berada di tempat terhormat di antara simbol-simbol Istanbul,” kata Erdogan saat berbicara pada upacara peresmian Masjid Taksim setelah Salat Jumat.

Erdogan mengatakan masjid itu akan menjadi salah satu pusat budaya dan seni terpenting di kota metropolitan Istanbul.

Mohamed Hamdan Dagalo, wakil presiden Dewan Kedaulatan Transisi Sudan, bersama beberapa pejabat Turki termasuk Ketua Parlemen Mustafa Sentop, Wakil Presiden Fuat Oktay, Menteri Pertahanan Hulusi Akar dan Kepala Direktorat Komunikasi Fahrettin Altun juga hadir pada upacara tersebut.

Fondasi masjid yang dirancang arsitek Sefik Birkiye dan Selim Dalaman itu diletakkan pada 17 Februari 2017 di Taksim Square.

Masjid itu dapat menampung jamaah hingga 4.000 orang dan mempunyai area parkir, serta ruang konferensi dan pameran.

Masjid modern ini juga menampilkan karya kaligrafi Davut Bektas dan miniaturis Adem Turan, dengan prasasti dari Al-Qur’an. Area salat masjid memiliki panel dinding kayu.

Karpet berwarna kilap yang ditenun khusus di provinsi barat Manisa menutupi lantai masjid di bawah enam lempengan bertuliskan kaligrafi nama Allah, Nabi Muhammad, dan empat khalifah — Abu Bakar, Umar, Usman, dan Ali.

Sebuah mihrab setinggi 8,5 meter dibangun di salah satu dindingnya, sementara lampu gantung bercahaya 60 lampu dan berdiameter 12 meter) terpasang di langit-langit masjid.

Bir cevap yazın