Turki berharap Irak bekerja sama dalam memerangi PKK

Turki berharap Irak “bekerja sama dan harmoni” memerangi kelompok teroris PKK, kata juru bicara kementerian luar negeri Turki pada Kamis.

“Operasi ‘Cakar-Elang’ dan ‘Cakar-Macan’ oleh tentara Turki di wilayah utara Irak menargetkan organisasi teroris PKK, yang mengancam keamanan nasional negara kami serta integritas wilayah dan kedaulatan Irak,” ungkap Jubir Kemlu Turki Hami Aksoy dalam sebuah pernyataan tertulis.

Aksoy mengatakan bahwa masalah-masalah ini juga telah diingatkan kepada pemerintah Irak oleh duta besar Turki di Baghdad.

Pada Senin, Kementerian Pertahanan Nasional Turki mengumumkan tentaranya menggelar Cakar-Elang di Irak utara, jet tempur Turki menghancurkan goa tempat para teroris berlindung.

Operasi itu digelar untuk memusnahkan pangkalan-pangkalan teroris di wilayah Sinjar, Qandil, Karajak, Zap, Avasin-Basyan, dan Hakurk di Irak.

Secara terpisah, Operasi Cakar-Macan juga digelar di Irak utara pada Rabu.

Teroris PKK sering menggunakan kawasan utara Irak untuk merencanakan serangan teroris di Turki dengan melintasi perbatasan.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa- bertanggung jawab atas kematian hampir 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi.