Ankara-Kiev bangun hubungan pertahanan saling menguntungkan

Kerja sama Ukraina-Turki dalam industri pertahanan didasarkan pada model win-win, kata utusan Kiev untuk Ankara, Jumat.

“Mesin Ukraina sudah digunakan di #AKINCI UAV. Ukraina memiliki pengalaman dalam produksi mesin luar angkasa, penerbangan, pesawat dan tank, sistem radar. Semua area ini menjanjikan perspektif,” kata Andrii Sybiha saat menjawab pertanyaan di Twitter dengan tagar #BuyukelciyeSor, atau AsktheAmbassador, yang diluncurkan untuk memperingati ulang tahun ke-29 hubungan diplomatik Ukraina-Turki.

Sikap Turki terhadap Krimea konstan dan tidak berubah, kata Sybiha tentang kemitraan strategis Ukraina-Turki di Krimea.

“Selain itu, kerja sama kita dalam melindungi hak-hak Tatar Krimea sangat efektif. Saya yakin akan seperti ini mulai sekarang juga karena tidak ada penjelasan atas agresi, dan pelanggaran hukum internasional,” kata dia.

Mengenai visi Ukraina tentang hubungan bilateral dengan China di masa depan, duta besar mengatakan bahwa Turki adalah mitra utama Ukraina di kawasan Laut Hitam berdasarkan lokasi geografis dan situasi geopolitik kawasan.

“China adalah mitra strategis untuk Ukraina dan kami akan secara aktif mengembangkan kerja sama kami dengan negara ini.”

Mengenai perjanjian perdagangan bebas kedua negara, dia mengatakan: “Kami yakin 2021 harus menjadi tahun di mana proses negosiasi yang panjang selesai dan kesepakatan ditandatangani.”

Bir cevap yazın