Menhan Turki: Mereka yang mengucilkan Turki akan ‘frustrasi’

Mereka yang berkomplot melawan Ankara akan merasakan frustrasi, kata menteri pertahanan Turki pada Jumat menanggapi perkembangan terkini di Mediterania Timur.

Berbicara pada upacara militer di provinsi Izmir, Hulusi Akar mengatakan beberapa kalangan hanya perlu tetap diam untuk meredakan ketegangan di Mediterania Timur.

“Mereka tidak perlu melakukan apa-apa, diam saja,” kata dia menasihati Yunani agar tidak membiarkan dirinya dimanfaatkan oleh pihak lain.

Ketegangan baru-baru ini meningkat karena masalah eksplorasi energi di Mediterania Timur.

Yunani dan negara-negara lain mencoba untuk menguasai wilayah maritim Turki dan hak eksplorasi energi, meski tidak ada negara yang memiliki garis pantai yang lebih panjang di kawasan Mediterania.

Turki secara konsisten menentang upaya Yunani untuk mendeklarasikan zona ekonomi eksklusif yang sangat besar, melanggar kepentingan Turki.

Ankara juga mengatakan sumber energi di dekat pulau Siprus harus dibagi secara adil antara Republik Turki Siprus Utara (TRNC) – yang telah mengeluarkan lisensi perusahaan minyak negara Turki, Turkish Petroleum – dan pemerintahan Siprus Yunani di Siprus Selatan.

Dialog untuk berbagi sumber daya ini secara adil akan jadi solusi bersama bagi semua pihak, kata otoritas Turki.

Menyinggung pernyataan Macron, menteri pertahanan Turki mengatakan mereka sedang mencoba mengganggu persatuan dan integritas Turki dengan melampaui batas.

Sebelumnya pada Kamis, menjelang pertemuan puncak negara-negara anggota UE bagian selatan, Macron mengatakan, “Kita harus keras dengan pemerintah Turki dan bukan dengan rakyat Turki.”

Bir cevap yazın