Bank Sentral Turki sebut ekonomi Turki pulih dengan cepat

Bank Sentral Turki pada Kamis mengatakan kepercayaan dan aktivitas ekonomi di negara itu meningkat kuat dibandingkan dengan negara maju dan berkembang lainnya.

Setelah pertemuan dengan para investor asing, bank itu membagikan presentasinya di websitenya – berjudul Prospek Ekonomi Makro dan Kebijakan Moneter di Turki.

Penjelasan tersebut menunjukkan perekonomian negara itu mengalahkan banyak negara G20 pada kuartal kedua tahun 2020.

Memperhatikan bahwa ekspor Turki menunjukkan pemulihan yang lebih kuat dari yang dibayangkan sebelumnya, ini akan mendukung keseimbangan neraca berjalan saat ini.

Bank Sentral Turki juga mengatakan cadangannya menutupi total pembayaran hutang keuangan FX jangka pendek.

Inflasi sedang menurun setelah pengetatan moneter baru-baru ini, tambah bank itu.

Pada Agustus, bank sentral itu mempertahankan angka suku bunga kebijakannya, sambil mengambil serangkaian langkah likuiditas.

Mereka juga menambahkan bahwa kenaikan akibat pandemi dalam biaya unit dan akumulasi efek nilai tukar menyebabkan peningkatan tren dalam indikator inflasi inti.

Sementara itu, bank sentral itu mengakui bahwa ketidakpastian kondisi permintaan domestik dan eksternal tetap signifikan karena pandemi virus korona.

Mereka akan terus menggunakan semua instrumen yang tersedia untuk mencapai tujuan stabilitas harga dan stabilitas keuangan.

Tinggalkan Balasan