EKONOMI

Turki ekspor 5.000 ventilator medis ke berbagai negara

Turki telah mengekspor atau menyumbangkan total 5.000 ventilator medis yang diproduksi secara lokal untuk membantu penanganan pandemi Covid-19.

Menteri Industri dan Teknologi Mustafa Varank mengatakan perusahaan bioteknologi Turki Biosys memproduksi 10.000 unit ventilator medis, setengahnya dijual atau disumbangkan ke berbagai negara.

“Hanya dalam dua minggu pada April tahun lalu, Biosys dapat memproduksi massal perangkat yang paling banyak dicari selama pandemi global,” kata menteri.

Produksi itu didukung oleh tiga perusahaan, produsen kendaraan udara tak berawak Baykar, raksasa pertahanan Aselsan, dan perusahaan peralatan besar Arcelik.

Menurut Varank, individu, bisnis, dan pemerintah yang dapat memproyeksikan transformasi struktural yang dipicu oleh pandemi dan beradaptasi dengan cepat ke normal baru akan menjadi pemenang era baru.

Dia menekankan bahwa pandemi juga mendorong belanja online dan pembayaran dengan kartu kredit dan debit.

“Pembayaran dengan kartu kredit di pasar dan pusat perbelanjaan melonjak 60 persen setiap tahun,” imbuh Varak.

Mengutip data terbaru dari Kementerian Perdagangan, volume jual beli online di Turki telah mencatat rekor kenaikan tahunan tertinggi di bulan Juni yang naik 93 persen dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Balasan