Turki tawarkan bantuan untuk kapal yang terdampar di Terusan Suez

Jika diperlukan, Turki siap mengulurkan tangan membantu menyelesaikan kemacetan akibat kapal muatan kapal terdampar di Terusan Suez Mesir, kata menteri transportasi dan infrastruktur negara itu Adil Karaismailoglu pada Jumat.

“Kami telah menawarkan bantuan, dan kami akan mengirimkan bantuan jika mereka datang dengan tanggapan yang positif,” kata Karaismailoglu kepada saluran berita NTV.

“Kapal tanggap darurat kami Nene Hatun adalah salah satu dari sedikit kapal di dunia yang melakukan operasi besar-besaran seperti itu,” ujar dia.

Sebuah kapal kargo kontainer besar Panama, Ever Given, kandas saat melewati saluran baru di kanal tersebut pada Selasa pagi.

Saat upaya penyelamatan terus berlanjut, pihak berwenang mengatakan perlu waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu untuk membebaskan kapal, meningkatkan kekhawatiran penundaan pasokan minyak yang parah.

Terusan Suez dianggap sebagai salah satu kanal dan selat terpenting di dunia, yang merupakan jalur pelayaran terpendek antara Eropa dan Asia, dan merupakan salah satu sumber utama pendapatan bagi Mesir.

Bir cevap yazın